Tata cara penggunaan aplikasi layanan mandiri versi android warga bisa melakukan hal-hal seperti dibawah ini
1. Bisa melakukan permohonan surat keterangan dari HP ( dari rumah )
2. Bisa melihat berita desa terbaru dan memberikan komentar langsung disana
3. Bisa cetak kartu keluarga asli, Scan KTP (bagi yang sudah tersimpan KK dan Scan KTPnya di desa)
4. Bisa melihat Agenda desa
5. Bisa cetak biodata masing-masing
6. Bisa melihat jenis bantuan apa saja yang didapatkan oleh warga tersebut dll.
Berikut tata cara penggunaan nya.
1. Buka Playstore, kemudian ketik "Layanan Mandiri OpenSID" di pencarian
.png)
2. Instal Aplikasi Layanan Mandiri OpenSId tersebut
.png)
3. Setelah di instal Buka Aplikasi tersebut. Lalu Pilih Mulai
.png)
4. Selanjutnya masuk , Lalu Pilih Provinsi Kalimantan Barat, Kabupaten Sintang , Kecamatan Sepauk dan Desa Sekubang.
.png)
5. Lalu Login menggunakan NIK dan PIN yang sudah terdaftar.. Jika Belum mendaftar silahkan Warga desa datang atau menguhubungi operator desa untuk mendapat PIN Layanan Mandiri.
Siapkan KTP dan KK untuk Pendaftaran.
Untuk SMS/WA silahkan gunakan format seperti berikut :
1. Khusus Pendaftar baru . ketik " DAFTAR LAYANANMANDIRI NAMA/NIK/KK " kirim ke No. Operator
2. Khusus yang sudah mendaftar dan lupa Pin. Ketik "LUPA PIN NAMA/NIK/KK" kirim ke No.Operator
No. Operator Desa : 08xxxx (WA/SMS)
6. Jika Sudah silahkan Login Menggunakan NIK dan PIN yang sudah di berikan
.png)
7. Setelah berhasil login Maka akan muncul beranda seperti berikut .
Sebaiknya anda menyiapkan Dokumen seperti Kartu KK, KTP, dan surat" lainnya yg di butuhkan. kemudian upload dari dokumen.
.png)
8. Untuk Pembuatan surat. silahkan klik Ajukan Surat, lalu pilih tanda +
.png)
10. Kemudian Silahkan PIlih Jenis Surat yang anda akan ajukan.
sebagai contoh anda hendak memilih surat Keterangan usaha yang ada di desa sekubang , kemudian untuk keterangan Tambahan anda isi keperluan pembuatan surat tersebut, lalu masukin nomor HP anda.
.png)
11. Kemudian Silahkan anda Masukkan Dokumen Kelengkapan sesuai dengan surat yang anda ajukan. Lalu masukkan tanggal berlaku surat tersebut. conthoh surat tersebut untuk keperluan di bulan 10. maka silahkan masukkan masa berlakunya di oktober sampai dengan november. Lalu untuk keterangan isi keperluan pembuatan surat tersebut. lalu masukin nama usaha anda. contohnya kebun sawit.
.png)
12. Pilih Simpan Jika anda sudah merasa benar memasukin dokumen dan keterangan lainnya. selanjutnya anda hanya perlu menunggu verifikasi dari operator desa melalui WA ke nomor yang anda telah isi tadi.
13. Setelah mendapatkan verifikasi surat yang anda buat maka anda dapat melihat surat yang anda buat di arsip surat. dan anda dapat mencetak surat tersebut.